Mata
kuliah Bisnis Internasional mempelajari kegiatan-kegiatan bisnis yang
melibatkan dua atau lebih negara. Fokus bahasan ditujukan kepada definisi
hakikat bisnis internasional dan lingkungan dimana bisnis internasional
dilakukan, teori ekonomi bisnis internasional, pentingnya organisasi-organisasi
internasional dan sistem moneter internasional serta bagaimana mereka
mempengaruhi bisnis, kekuatankekuatan yang bekerja di lingkungan bisnis, etika
bisnis dan bagaiman cara manajer mengelola bisnis dan alternatif-alternatif
strategi seperti manajemen sumber daya manusia, finansial, pemasaran dan
operasi. Dalam pelaksanaan perkuliahan, mahasiswa bukan hanya terlibat aktif
dalam perkuliahan melalui model-model inovatif berbasis Student Center Learning
(SCL), namun juga berkontribusi dalam tugas-tugas diskusi dan presentasi
kelompok dan bekerjasama dalam rangka memperkaya pengalaman belajarnya. Untuk
mengetahui pencapaian kompetensi tersebut dilakukan berbagai cara dan bentuk
asesmen baik tes maupun non-tes, misalnya mengerjakan tes tertulis dalam
berbagai bentuk (essay atau objektif), menyusun laporan atau karya tulis
ilmiah, menunjukkan kemampuan unjuk kerja (performance), penilaian melalui
pengamatan atau catatan. Mahasiswa juga mengerjakan tugas-tugas membaca
referensi dan jurnal-jurnal relevan.
- Teacher: Jamaludin Khalid